Thursday, April 3, 2014

The First Step


"Langkah pertama, menentukan segalanya"
 Sebagai pemuda, spesifiknya mahasiswa, pastinya kita banyak sekali menginginkan sesuatu yang besar. Cita-cita tinggi adalah harapan setiap mahasiswa. Banyak mahasiswa yang ingin menjadi leader, entepreneur, bekerja di perusahaan nomor wahid, mengikuti pertukaran pelajar, beasiswa studi lanjut ke luar negeri, menjadi duta besar, dll. Semuanya adalah hal yang positif, dan semuanya terlihat "susah".

Susah? Memang. Seperti misalnya saya, saya mahasiswa dengan IP pas-pasan, kurang berprestasi, biasa saja, ga kelihatan, ga terkenal, bukan anak kampus, tapi mimpinya setinggi langit, pengen jadi CEO, pengen studi ke luar negeri, pengen bisa menciptakan lapangan kerja untuk orang lain, dll. Ngerasa kurang pantes? Jelas. Ngerasa malu? Sering.


Yang ada di pikiran saya terkadang adalah tanggapan teman-teman di sekeliling saya. Sering juga dengar tanggapan teman kalau bilang saya ini "Sok", "pemimpi", "ga pantes", dll. Hal itu terkadang membuat saya semakin minder dan takut untuk melangkah.

Padahal semestinya, apapun itu, hal-hal segila apapun seharusnya bisa dicapai asalkan mau untuk mencoba melangkah. Di sekeliling kita banyak sekali benda-benda hasil kegilaan penemu, seperti pesawat, lampu, laptop, internet, dll. Semuanya berasal dari mimpi besar dan gila. Tapi nyatanya bisa juga terealisasi. Nah tapi masalahnya, adalah kita tidak berani untuk mencoba melangkah, mendekati impian kita.

Banyak sekali alasan yang menghambat untuk mewujudkan mimpi-mimpi tersebut. Seperti misalnya, saya ingin sekali bisa studi lanjut ke Luar Negeri. tapi saya berpikiran: "waduh IP saya jongkok gini, waduh TOEFL juga jelek, waduh nanti biaya gimana ya, waduh harus ngurus ini ngurus itu", nah ujung-ujungnya pasti saya bilang "ah, males.."

Sering sekali hal tersebut terjadi. Tapi hal yang bisa memotivasi saya adalah bahwa di luar sana banyak juga teman-teman sebaya yang bisa membuktikan bahwa mereka bisa. Pernah saya ngobrol dengan teman saya yang aktif mengikuti kegiatan positif, dia bilang

"Yang terpenting itu langkah pertama. Berat memang, tapi jika kita sudah mencoba membuka satu pintu, maka pintu lain akan terbuka"

Rhonda Byrne juga menerangkan dalam bukunya, The Secret, bahwa dunia ini menganut hukum law of attraction, apabila kita mencoba untuk mendapatkan apa yang kita inginkan, semesta akan mendukungnya dengan mendekatkan hal-hal yang kita butuhkan untuk mencapai keinginan tersebut.

Dan memang agama Islam menerangkan hal demikian, bahwa apapun yang kita inginkan, dan kita panjatkan doa kepada Tuhan, niscaya apa yang kita inginkan akan terkabul.
Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.
QS. Al-Baqarah [2] : 186 
Tidak ada yang tak mungkin di dunia ini selama kita yakin. Bismillah, semoga apa yang kita inginkan dapat terkabulkan, tentunya dengan doa, usaha dan langkah pertama!

Mari melangkah!

2 comments:

  1. Replies
    1. Big thanks, Alhamdulillah bisa memotivasi,
      Semoga kita semua menjadi orang yang lebih berani untuk melangkah dan believe in ourself, believe in our dreams.
      Dan terima kasih sudah berkunjung mas Fahmi Rizal :)

      Delete